Kamis, 27 September 2012

Manfaat Buah dan Daun Pepaya

Kita patut bersyukur kepada Tuhan karena papaya yang memiliki banyak manfaat bisa tumbuh subur di Indonesia. Sehingga sangat mudah untuk didapatkan.

Sayangnya banyak diantara kita yang menyepelekan buah dan daun pepaya, bahkan ada yang tidak mau sama sekali mengkonsumsi buah papaya dengan alasan yang sangat sepele. Padahal buah papaya memiliki segudang manfaat penting untuk kesehatan tubuh kita.
Pepaya yang dalam bahasa latin disebut “Carica Papaya” dapat dimanfaatkan sebagai detoksifikasi di dalam tubuh. Mengkonsumsi buah papaya dalam jumlah yang cukup ternyata dapat membersihkan racun-racun yang ada di dalam tubuh.
Pepaya mengandung vitamin A, C dan Betakaroten, sehingga dapat digunakan sebagai anti peradangan serta penjaga system kekebalan tubuh, juga terbukti ampuh untuk mencegah timbulnya jerawat di wajah dan masalah kulit lainnya.
Antioksidan yang terdapat dalam papaya teruma vitamin C membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari yang berlebihan. Jus papaya sangat membantu untuk mengurangi bintik-bintik coklat karena paparan sinar matahari yang terlalu lama.
Selain pada bagian buah papaya, daun papaya juga tak kalah penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Daun papaya bermanfaat untuk menambah nafsu makan baik bagi orang dewasa maupun anak-anak.
Adapun cara membuat ramuannya adalah dengan cara menumbuk halus atau dengan alat blender yang dicampur dengan air hangat dan garam secukupnya. Kemudian disaring dan langsung diminum setelah sebelumnya dicampur dengan madu.
Daun papaya juga berkhasiat sebagai pengontrol tekanan darah yang sangat bermanfaat sebagai penderita tekanan darah tinggi. Adapun cara membuat ramuannnya yaitu, ambil lima lembar daun pepaya kemudian direbus dengan air sebanyak ½ liter hingga tinggal ¾ nya saja. Biarkan hingga dingin dan siap diminum bersama madu sebagai pemanis. (yovi).

Tulisan Terkait:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar